Selasa, 16 Oktober 2012

USAHA CATERING DARI RUMAH

Usaha katering ini akan sukses jika didasari dari hobi memasak, usaha katering ini bisa dijalankan dari rumah tanpa harus mengeluarkan modal besar karena kita bisa meminta uang muka kepada calon pelanggan kita. Makanan atau hidangan adalah salah satu hal yang harus ada disetiap pesta, baik pesta ulang tahun, perkawina, maupun syukuran. Akan tetapi banyak tuan rumah yang tidak sanggup memasak sendiri hidangan untuk para tamunya yang kadang berjumlah ratusan bahkan ribuan. Dalam perjamuan makan malam atau perkawinan hidangan yang disajikan dipersiapkan oleh pihak lain yaitu perusahaan katering.

Usaha katering ini sangat menjanjikan karena bisa menghasilkan laba jutaan hanya dalam waktu singkat. Akan tetapi usaha katering  yang bisa dipercaya untuk menyiapkan makanan bagi ribuan tamu haruslah perusahaan katering yang besar dan berpengalaman dan untuk menjadi besar maka usaha katering harus melalui merangkak dari kecil.

Setiap orang punya kesempatan yang sama untuk membuka usaha katering  namun hanya sebagian kecil yang bisa maju. Jika anda tertarik untuk memulai bisnis katering maka ada cara yang mudah untuk memulainya.

Nah yang harus Anda ketahui adalah usaha katering sendiri memiliki beberapa segmentasi pasar, yaitu :
  1.  Usaha katering Rumahan, ini biasanya melayani keluarga kecil yang tidak mau repot memasak
  2. Usaha katering Sekolah/Anak Kost biasanya meliputi katering makan pagi/siang untuk untuk anak sekolah. Biasanya disajikan dalam rantang/tromol makan khusus anak-anak. Jika untuk anak kost/kuliah bisa menggunakan nasi boks
  3. Usaha katering kantor melayani karyawan, biasanya di pabrik, supermarket, perkantoran, dll
  4. Usaha katering untuk acara khusus seperti resepsi pernikahan, arisan, syukuran, dll. Segmentasi ini biasanya menggunakan prasmanan
Untuk awal, Anda bisa melihat peluang tersebut di sekitar Anda.
Mulailah dengan usaha kateringan kecil-kecilan seperti menyediakan menu makanan untuk anak kost disekitar anda jika memang banyak mahasiswa yang kost disekitar anda.
Anda menyediakan menu katering yang beragam serta layanan antar ke rumah kost/anak sekolah masing-masing sehingga mereka, terlebih yang masih anak-anak sekolah tidak perlu jajan.
Cara pembayaran katering  bisa diatur menyesuaikan keadaan seperti dibayar seminggu sekali atau sebulan sekali.

Anda bisa membesarkan usaha katering anda dengan menawarkan jasa katering kepada tetangga anda yang hendak mempunyai hajat.
Tawarkan dengan harga yang bersaing dan menu yang lebih enak dan banyak. Dengan begitu maka akan lebih banyak tetangga anda yang ikut mencoba jasa katering anda.
Sebelum Anda memulai usaha katering ini, lakukan survey untuk mengetahui kompetitor usaha katering di wilyah anda.

Cari tahu berapa harganya, paket-nya apa saja, bagaimana menu dan kualitas makanan serta kualitas penyajiannya. Makin banyak informasi yang bisa Anda dapatkan akan membuat Anda bisa mengukur kemampuan dan juga memberikan nilai tambah untuk usaha katering milik Anda nantinya.
Hal lain yang harus Anda ingat adalah usaha katering ini margin keuntunganya biasanya kecil, sehingga kita harus bermain jumlah, semakin banyak pesanan maka prosentasi keuntungan bisa besar.

Dan salah satu biaya pengeluaran yang harus Anda cermati adalah pada biaya produksi.
Anda harus membuat perhitungan yang cermat akan setiap aktivitas dapur Anda karena biasanya pengeluaran yang kecil-kecil itu jika di jumlahkan ternyata banyak juga habisnya.

Di awal membuka usaha jasa katering buatlah promosi usaha dengan menawarkan harga murah untuk setiap pemesanan/paket harian selama kurun waktu tertentu, ini tujuannya untuk mendapatkan pelanggan tetap.

Usaha katering tidak perlu pusing dengan lokasi, Anda bisa memulainya dari rumah dan  pemesanan bisa dilakukan lewat telepon atau dari mulut ke mulut.

Libatkan anggota keluarga, teman, kolega, dll untuk membantu mempromosikan usaha katering Anda.
Ingat usaha katering adalah mengenai RASA, Kebersihan Makanan, Cara Pengemasan dan Harga yang Sepadan.
Jika hal tersebut bisa anda penuhi, saya yakin tidak diperlukan promosi heboh yang harus dilakukan. Ini juga salah satu cara untuk menghemat biaya promosi.

Usaha katering awalnya bisa Anda jalankan bersama dengan anggota keluarga Anda sendiri, misalnya  dari 4 orang
3 orang setiap harinya bertugas memasak dan mengemas/menyajikan dan 1 orangnya lagi bertugas mencari bahan masakan atau mengantar pesanan.

Anda sendiri yang menentukan menu masakan, harga dan mencari pelanggan sampai merekrut karyawan part time ketika Anda mendapatkan order katering dalam jumlah banyak
Di awal memulai usaha katering ini  biasanya memerlukan modal untuk berbelanja bahan-bahan makanan sampai 70% dari harga makanan yang dipesan.

Jadi untuk mensiasatinya Anda bisa meminta pembayaran di depat/uang muka. Selain pembayaran cash, untuk usaha katering ini memberlakukan pembayaran tempo.
Sistem pembayaran tempo ini Anda terapkan jika usaha katering Anda semakin maju  dan mendapatkan pelanggan banyak.

Sebaliknya Anda pun bisa bekerja sama dengan suplier ayam, sayuran dengan pembayaran jatuh tempo juga misalnya 1-2 minggu kemudian.

Usaha kataring ini adalah usaha dengan modal kepercayaan sehingga Anda harus memastikan membayar tepat waktu dan mengirim pesanan tepat waktu kepada pelanggan sekalipun misalnya pelanggan tersebut belum/telat membayar katering.

SEMOGA BERMANFAAT !!!


Salam sukses.

"Om Mayat"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar